05/08/2022

JAKARTA – Apa pentingnya melacak orang yang berkunjung ke situs web kita? Melacak pengunjung ke situs web Anda dapat meningkatkan elemen lain dari strategi pemasaran Anda yang lebih luas. Pelacakan pengunjung situs web menawarkan informasi penting yang berguna bagi tim penjualan dan pemasaran. Jika web kita berorientasi pada bisnis, maka traffic web ini melalui sistem pelacakan dapat memberikan informasi lokasi pengguna, demografi, rasio klik, rasio pentalan, lalu lintas keseluruhan, sumber lalu lintas web, dan informasi lain yang tentunya dapat menjadi bahan riset pemasaran via website.

Wawasan yang diperoleh dari menganalisis perilaku pengunjung situs web dapat meningkatkan keterlibatan pengguna dan tingkat konversi. Pelacakan pengunjung situs web mengungkapkan informasi tentang orang-orang yang terlibat dengan situs web dan bagaimana mereka berperilaku. Sebuah perusahaan bisnis bahkan menghabiskan banyak waktu, uang dan upaya untuk menyempurnakan kehadiran pengunjung web ini, bahkan dengan cara berbayar (paid traffic). Namun, perlu diketahui bahwa berdasarkan riset pemasaran, rasio pengunjung web Anda hanya berkontribusi sekitar 2,35% yang berpeluang melakukan konversi.

Pelacakan pengunjung situs web menawarkan informasi berharga dan mendalam yang kemudian dapat digunakan oleh tim pemasaran dan penjualan untuk menyempurnakan upaya mereka dan mendapatkan prospek berkualitas. Ini juga membantu mendorong efisiensi pengalaman pengguna (UX), karena dapat mengungkapkan kekuatan dan kelemahan pada halaman web mana pun. Dengan memeriksa dengan cermat perilaku lalu lintas situs web dan demografi, perusahaan dapat meningkatkan rasio konversi, memaksimalkan pembelanjaan iklan digital mereka dan secara konsisten meningkatkan jumlah pengunjung dan rasio konversi.

Mengapa penting untuk melacak kunjungan situs web Anda?

Pelacakan pengunjung web menawarkan pemahaman yang lebih bernuansa kepada bisnis tentang pelanggan potensial mereka dan bagaimana audiens mereka bereaksi terhadap konten mereka. Tim dapat menyimpan informasi rinci tentang pengunjung; tergantung pada modalitas yang tepat yang digunakan, mereka bahkan mungkin dapat memperoleh nama perusahaan dan informasi kontak, menyiapkan prospek hangat untuk ditindaklanjuti oleh tim penjualan. Ini memberikan nilai yang luar biasa karena perwakilan penjualan dapat menyusun strategi yang sesuai daripada mengandalkan pendekatan “panggilan dingin”.

Di sisi pemasaran dan UX, pelacakan situs web memungkinkan perusahaan mengetahui apakah pendekatan dan konten mereka berfungsi dan sejauh mana. Misalnya, platform media dapat menemukan siapa yang mengklik konten apa (dan apa yang tertinggal), sementara toko online dapat mengidentifikasi saat yang tepat pelanggan meninggalkan keranjang mereka atau mengalami masalah saat checkout.

Banyak alat pelacakan situs web menawarkan “alur pengguna”, yang menggambarkan cara sebagian besar pengunjung terlibat dengan situs web Anda dan bagaimana mereka berpindah dari halaman ke halaman. Data ini menunjukkan tingkat keberhasilan situs web saat ini, dan dapat menyoroti area yang perlu ditingkatkan atau dirombak total. Setiap jenis bisnis dengan situs web bisa mendapatkan keuntungan dari pelacakan data pengunjung. Beberapa sasaran paling umum yang terkait dengan pelacakan pengunjung situs web meliputi:

> Mengumpulkan informasi kontak dari prospek untuk menghasilkan prospek yang lebih kuat;

> Mendorong keterlibatan dan klik iklan;

> Meningkatkan konversi;

> Menawarkan pengalaman situs web yang lebih ramah pengguna.

Selain itu, perusahaan atau orang pribadi pada sektor ini dapat mengurangi ketergantungan pada pembelanjaan media dan membangun dari apa yang saat ini bekerja. Tim penjualan dapat memulai hari mereka dengan prospek yang mereka tahu siap untuk mengambil langkah berikutnya. Bahkan pengembangan produk dapat ditingkatkan dengan menggunakan data tentang bagaimana pelanggan saat ini berinteraksi dengan perusahaan.

Conclusion: Melacak pengunjung situs web memungkinkan bisnis mengumpulkan informasi kontak untuk kampanye pemasaran lainnya dan meningkatkan pengalaman pengguna, mendorong lebih banyak konversi. (Sumber: businessnewsdaily.com)

1 thought on “Pentingkah Melakukan Pelacakan Pengunjung (Traffic) Situs Web?

Leave a Reply

Your email address will not be published.