07/08/2022

JAKARTA – Meskipun individu di sisi spektrum politik yang berbeda cenderung tidak setuju tentang apa yang harus dilakukan untuk memperbaiki sistem perawatan kesehatan khususnya di Amerika Serikat (US), hanya sedikit yang akan membantah bahwa sektor ini dalam kondisi yang sulit pada saat ini.

Yang pasti, membenahi pelayanan kesehatan adalah proses yang pasti panjang dan melibatkan banyak faksi dalam dunia bisnis, sains, dan politik. Namun, bahkan ketika perdebatan telah berkecamuk tentang masalah skala besar dengan industri, kemajuan teknologi telah membantu meningkatkan efisiensi dengan cara-cara kecil namun penting: Semisal perangkat lunak baru memungkinkan transmisi dan penyimpanan catatan kesehatan yang lebih aman dan lebih cepat oleh penyedia.

Di sisi lain, bukan rahasia lagi bahwa banyak bagian dari industri kesehatan terperosok dalam teknologi dan praktik yang bisa dikatakan merupakan praktik-praktik yang tergolong kuno atau ketinggalan zaman. Sebuah laporan tahun 2020 menemukan bahwa 83% perangkat pencitraan medis (radiologi) berjalan pada sistem operasi yang tidak didukung yang membuat organisasi rentan terhadap serangan siber. Hal ini tidak hanya dapat merugikan industri tetapi juga dapat membahayakan perawatan dan tentunya berdampak pada pasien. Mengingat masalah ini, ada tanda-tanda baru yang muncul bahwa ruang perawatan kesehatan dapat dimanfaatkan untuk memanfaatkan blockchain sebagai teknologi cryptocurrency tetapi bukan di dunia bisnis yang merupakan poros utama bidang kesehatan.

Bagaimana Blockchain Dapat Membantu Sektor Kesehatan?

John Halamka, kepala bagian informasi di Beth Israel Deaconess Medical Center di Boston, menjelaskan bahwa data pasien sering kali tersebar di berbagai fasilitas, sehingga sulit untuk diakses pada waktu yang genting. Teknologi Blockchain dapat merevolusi cara data kesehatan disimpan dan ditransmisikan. Memang, mengingat bahwa ia memiliki basis data kriptografi yang sangat aman dan database bersama untuk menyediakan komunikasi yang cepat dan mudah, teknologi blockchain mungkin merupakan solusi untuk industri ini.

Dengan blockchain, sistem pelayanan pasien di sektor kesehatan dapat menyimpan catatan medis secara rahasia, memperbarui data pasien di berbagai fasilitas dan lokasi secara real time dan dengan keamanan penuh. Ini akan membebaskan waktu dan sumber daya di fasilitas kesehatan untuk lebih didedikasikan pada perawatan dan inovasi pasien, daripada sibuk mengurusi aktivitas administrasi.

1 thought on “Bagaimana Pelayanan Kesehatan Akan Menuju ke Teknologi Blockchain

Leave a Reply

Your email address will not be published.