09/08/2022

JAKARTA – Saham adalah jenis investasi yang mewakili kepemilikan saham di sebuah perusahaan. Investor membeli saham yang menurut mereka akan naik nilainya seiring dengan waktu. Di artikel ini, Anda akan disajikan informasi tentang defenisi saham serta bagaimana menghasilkan profit dari investasi saham.

Definisi Saham

Investasi saham merupakan suatu jalan yang mewakili kepemilikan bagian di sebuah perusahaan. Saat Anda membeli saham perusahaan, Anda membeli sebagian kecil dari perusahaan itu, yang disebut saham. Investor membeli saham di perusahaan yang menurut mereka akan naik nilainya. Jika itu terjadi, nilai saham perusahaan juga meningkat. Saham tersebut kemudian dapat dijual untuk mendapatkan keuntungan.

Bagi perusahaan, menerbitkan saham adalah cara untuk mengumpulkan uang untuk tumbuh dan berinvestasi dalam bisnis mereka. Bagi investor, saham adalah cara untuk meningkatkan jumlah dan nilai uang mereka dan berharap bisa melebihi nilai inflasi dari waktu ke waktu.

Ketika Anda memiliki saham di sebuah perusahaan, Anda disebut pemegang saham karena Anda berbagi keuntungan perusahaan.

Perusahaan publik menjual sahamnya melalui bursa pasar saham, seperti contohnya yang baru-baru ini rilis, GoTo. Selain itu juga ada banyak perusahaan yang dapat dimiliki sahamnya. Investor kemudian dapat membeli dan menjual saham ini di antara mereka sendiri melalui pialang saham. Bursa saham melacak penawaran dan permintaan saham masing-masing perusahaan, yang secara langsung mempengaruhi harga saham.

Harga saham berfluktuasi sepanjang hari, tetapi investor yang memiliki saham berharap bahwa seiring waktu, nilai saham akan meningkat. Namun, tidak setiap perusahaan atau saham melakukannya: Perusahaan dapat kehilangan nilai atau gulung tikar sepenuhnya. Ketika itu terjadi, investor saham dapat kehilangan semua atau sebagian dari investasi mereka. Itulah mengapa penting bagi investor untuk menyebarkan uang mereka, membeli saham di banyak perusahaan yang berbeda daripada berfokus hanya pada satu perusahaan. Pilihlah perusahaan yang akan bertumbuh ke depannya.

Baca Juga :

Saat ini, memiliki saham tidaklah sulit, jika Anda memiliki uang 400 ribu, Anda mungkin sudah bisa memiliki saham, meskipun Anda mungkin tidak menyadarinya. Sebagian besar rencana pensiun yang bisa dijadikan jalan untuk berinvestasi yaitu melalui reksa dana, yang dapat menampung sejumlah besar saham perusahaan yang dikumpulkan bersama.

Bagaimana Menghasilkan Uang melalui Investasi Saham

Saham membawa lebih banyak risiko daripada beberapa investasi lain, tetapi juga memiliki potensi untuk menuai hasil yang lebih tinggi. Investor saham mendapatkan uang dengan dua cara utama:

  1. Jika harga saham naik selama mereka memilikinya, dan mereka menjualnya lebih dari yang mereka bayarkan.
  2. Melalui dividen. Dividen adalah pembayaran rutin kepada pemegang saham. Tidak semua saham membayar dividen, tetapi mereka yang melakukannya biasanya setiap tiga bulan.

Selama abad terakhir, pasar saham telah membukukan pengembalian tahunan rata-rata 10%. Kata “rata-rata” penting di sini: Tidak hanya pengembalian rata-rata untuk pasar secara keseluruhan — bukan saham individu tertentu — tetapi pada tahun tertentu, pengembalian pasar bisa lebih rendah atau lebih tinggi dari 10%. untuk lebih jelasnya.

Anda dapat membeli saham individu melalui broker online. Proses dari membuka rekening pialang mirip dengan membuka rekening bank. Komisi yang dibebankan oleh broker online untuk perdagangan saham bervariasi, jadi penting untuk belajar dan memilahnya. Perlu mempelajari dan menganalisis broker terbaik bagi investor saham sebelum membeli.

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published.